Ticker

6/recent/ticker-posts

Menentukan gerak benda pada ticker timer dan tetesan oli

Sahabat Edukasi, sudah tahukah anda bahwa soal yang biasa keluar dalam materi gerak benda adalah ticker timer dan tetesan oli. Biasanya siswa diminta menentukan jenis gerak benda yakni gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) di percepat dan diperlambat. Siswa juga bisa menentukan grafik kecepatan terhadap waktu dari hasil praktik ticker timer. 

Pengertian Ticker Timer

Ticker timer adalah alat praktikum fisika yang gunakan untuk menentukan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan. Ukuran ticker timer itu kecil jadi jangan dibayangkan seperti mainan mobil-mobilan yang besar. Pada bagian ticker timer terdapat pita yang menandakan tinta dari benda (mobil) yang bergerak. Jadi pengamatan dilakukan pada pita. Pada alat, mobil-mobilan yang bergerak biasanya pada lintasan yang miring dan tidak panjang jadi gerakannya adalah gerak lurus dipercepat (GLBB dipercepat).

Cara membaca ticker timer

Agar kamu lebih paham, perhatikan contoh berikut ini!

Misalnya benda bergerak ke arah kanan sesuai dengan gambar berikut. Jadi membacanya dari kanan ke kiri. Pola Ticker Timer berlawanan arah dengan arah tarikan pada pitanya


PENJELASAN:
  • GLBB dipercepat. Mobil bergerak ke kanan cara membacanya dari kanan menuju kiri. Jadi semakin ke kiri titik-titiknya semakin renggang. Artinya Kalau semakin renggang maka kecepatan benda semakin cepat sehingga menandakan GLBB dipercepat.
  • GLBB diperlambat. Mobil bergerak ke arah kanan jadi membaca ticker timernya kanan ke kiri. Dari kanan menuju kiri titik-titik pada pita ticker timer semakin RAPAT yang artinya kecepatan benda semakin menurunt. Hal ini menandakan mobil tersebut bergerak dengan pola GLBB diperlambat.
  • Gerak Lurus Beraturan (GLB) karena titik-titinya sama rapatnya. artinya Mobil bergerak dengan kecepatan tetap dari awal bergerak sampai akhir.
Cara membaca benda bergerak pada tetesan oli
Misalnya pada kasus sebuah mobil yang sedang melaju kemudianoli mesinnya bocor sehingga menetes di jalanan. Pada saat melaju semakin kencang, tetesan oli mesin akan semakin jauh jaraknya. Kemudian apabila mobil bergerak semakin melambat maka jarak tetesanoli mesin akan semakin rapat.

jadi cara membaca gerak benda pada tetesan oli adalah SEARAH DENGAN GERAK BENDA.

Perhatikan contoh berikut ini!

Penjelasan:

Benda bergerak ke arah kiri. Cara membacanya adalah SEARAH GERAK MOBIL
  • GLBB dipercepat. Jarak tetesan oli dari rapat semakin renggang ke kiri. Artinya mobil melaju semakin cepat sehingga dinamakan Gerak Lurus Berubah Beraturan Dipercepat.
  • GLBB diperlambat. Jarak tetesan oli dari renggang kemudian semakin rapat ke kiri. Artinya mobil melaju semakin pelan sehingga dinamakan Gerak Lurus Berubah Beraturan Diperlambat.
  • GLB. Benda bergerak dengan kecepatan konstan/ tetap sehingga tetesan oli jaraknya sama.
Demikian, semoga bermanfaat


Posting Komentar

0 Komentar