Ticker

6/recent/ticker-posts

Gerak pada Benda

Gerak pada Benda merupakan sebuah perubahan kedudukan benda terhadap suatu titik acuan yang diam. Maksud dari titik acuan adalah titik awal benda tersebut berada, atau titik tempat pengamat itu berada. 

Gerak menurut Keadaan Benda

Gerak sebenarnya: Gerak benda yang benar-benar terjadi ditinjau dari titik acuan yang diam. Contohnya kelapa jatuh dari pohon menuju tanah.


Secara ilmiah, kelapa yang ada di pohon berada pada titik acuan "X" kemudian karena sudah masak, maka kelapa tersebut jatuh ke tanah. Saat kelapa ada di tanah, maka kelapa ada pada titik acuan "Y". Karena adanya perpindahan titik acuan, maka kelapa tersebut dikatakan bergerak, dengan bentuk gerak sebenarnya (objeknya berpindah).

Gerak semu: Gerak tidak nyata yang dihasilkan karena gerakan pengamat. Jadi, benda itu sebenarnya diam, tetapi terlihat bergerak karena gerakan yang dilakukan pengamat. Contohnya matahari yang bergerak dari timur ke barat. Matahari sebenarnya tidak berpindah tempat. Yang membuatnya terlihat bergerak karena bumi tempat kita berpijak sedang berputar.


Gerak Relatif : Gerak relatif adalah gerak benda yang dilihat dari suatu titik acuan tempat benda diperbandingkan. Contoh keadaan yang dinamakan gerak relatif. Misalnya ketika kita dibonceng ayah naik motor ke sekolah meninggalkan ibu di rumah. Menurut ibu, kita bergerak menjauh. Sementara menurut ayah, kita diam di belakangnya.

Gerak menurut Lintasan Benda

Gerak lurus: Gerakan yang lintasannya berbentuk garis lurus. Ada 2 jenis pada gerakan garis lurus, yaitu Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB).


Gerak melingkar: Gerakan yang lintasannya melingkar, misalnya gerakan pada jarum jam.



Gerak parabola: Gerakan benda yang lintasannya berbentuk lingkaran tidak penuh, misalnya gerakan bola yang ditendang saat tendangan bebas dan membentuk sudut kemiringan tertentu.











Posting Komentar

0 Komentar