Ticker

6/recent/ticker-posts

Konsep Gerak, Gerak dan Perpindahan, Gerak Semu, Gerak Relatif

Gerak merupakan proses perpindahan suatu benda terhadap benda lainnya dari satu tempat acuan ke tempat lainnya. Perpindahan posisi atau tempat biasanya punya acuan tertentu. Acuan adalah titik atau posisi awal benda. Jika benda berpindah dari posisi acuan, maka benda dikatakan bergerak. Contoh penumpang dalam kereta. Jika titik acuannya orang di pinggir jalur kereta, seluruh penumpang kereta api dikatakan bergerak, jika acuannya kursi penumpang tidak bergerak.


Ketika kamu sedang naik mobil. Kamu diam di dalam mobil dan melihat dari jendela pohon-pohon dan bangunan bergerak. Sebenarnya pohon tidak bergerak, namun terlihat bergerak dari kita yang sedang berada di dalam mobil. Gerak ini dinamakan gerak semu. Gerak semu adalah kondisi sebuah benda yang sebenarnya diam namun tampak seolah bergerak. Contoh lainnya matahari yang bergerak dari timur ke barat. Matahari sebenarnya tidak berpindah tempat. Yang membuatnya terlihat bergerak karena bumi tempat kita berpijak sedang berputar.

Ketika kita dibonceng ayah naik motor ke sekolah meninggalkan ibu di rumah. Menurut ibu, kita bergerak menjauh. Sementara menurut ayah, kita diam di belakangnya. Keadaan itu dinamakan gerak relatif. Gerak relatif adalah gerak benda yang dilihat dari suatu titik acuan tempat benda diperbandingkan.

Contoh Soal gerak relatif :

Jika diketahui 3 buah benda bergerak seperti berikut. 


Maka hitunglah :
A. Kecepatan relatif  A dilihat oleh B
B. Kecepatan relatif B terhadap C
C. Kecepatan relatif C dilihat oleh A

Jawab.
A. VB - VA = 20 - 10 = 10 m/s
B. VC - VB = 30 - 20 = -50 m/s
C. VC - VA = -30 - 10 = -40 m/s








Posting Komentar

0 Komentar