Ticker

6/recent/ticker-posts

Peredaran Darah Besar dan Peredaran Darah Kecil Pada Manusia

 

Sahabat Edukasi, Peredaran darah manusia merupakan peredaran darah tertutup, karena darah selalu beredar di dalam pembuluh darah. Setiap beredar, darah melewati jantung dua kali sehingga disebut peredaran darah ganda. Peredaran darah ganda ada 2 yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar. 

Peredaran darah kecil adalah peredaran darah yang dimulai dari jantung (bilik kanan) menuju ke paru – paru kemudian kembali lagi ke jantung (serambi kiri). Peredaran darah besar adalah peredaran darah yang dimulai dari jantung (bilik kiri) kemudian menuju ke seluruh tubuh kemudian kembali lagi ke jantung (serambi kanan). 

Urutan Peredaran Darah

Sistem peredaran darah (sistem sirkulasi) merupakan suatu sistem yang memfasilitasi pertukaran zat-zat yang dibutuhkan tubuh dan zat-zat sisa metabolisme. Berdasarkan jalurnya, peredaran darah manusia dibagi menjadi dua yaitu, peredaran darah kecil dan peredaran darah besar

Peredaran darah besar dimulai dari jantung ke seluruh tubuh dan kembali ke jantung. Tujuan dari siklus peredaran darah besar adalah untuk memompa darah bersih dari jantung yang kaya oksigen ke seluruh tubuh untuk mengedarkan oksigen yang digunakan untuk metabolisme. Darah dari jantung akan dialirkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh arteri (pembuluh balik). Kemudian setelah oksigen diserap oleh sel tubuh darah menjadi kotor dan dipompa kembali ke jantung. 

Urutan siklus peredaran darah besar
bilik kiri (4) → aorta (12) → arteri (6) → tubuh (8) → vena (5) → serambi kanan (1). 

Peredaran darah kecil adalah peredaran darah yang dimulai dari jantung (bilik kanan) menuju ke paru – paru kemudian kembali lagi ke jantung (serambi kiri). 

Urutan siklus peredaran darah kecil: 

bilik kanan (3) → arteri pulmonalis (10) → paru-paru (7) → vena pulmonalis (11) → serambi kiri (2). 

Selamat Belajar

Posting Komentar

0 Komentar