Ticker

6/recent/ticker-posts

Latihan Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 SMP


 soal: 40 = + 40 S


  • 1. + S 1 1         edit

    “Singa, berapakah jumlah rakyatmu!” tanya si Luwak madu.

    Perbaikan penulisan kalimat langsung yang tepat adalah ….
    1. + T     edit

      “Singa, berapakah jumlah rakyatmu?” tanya si Luwak madu.
    2. + F     edit

      Singa, berapakah jumlah rakyatmu, tanya si Luwak madu.
    3. + F     edit

      “Singa, berapakah jumlah rakyatmu!” tanya si Luwak madu
    4. + F     edit

      “Singa, berapakah jumlah rakyatmu.” tanya si Luwak madu.


  • 2. + S 1 2         edit

    image:PAT B INDO 7/24_25_26.PNG

    Bagian rumpang pada kutipan surat dinas tersebut dapat diisi dengan …
    1. + T     edit

      Demikian surat undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian Teman-teman, kami ucapkan terima kasih.
    2. + F     edit

      Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan agar ditaati oleh semua pengurus OSIS tanpa kecuali.
    3. + F     edit

      Sekian surat undangan ini kami sampaikan dengan sebenar benarnya agar dihadiri oleh semua pengurus OSIS.
    4. + F     edit

      Sekian surat undangan ini kami kirimkan dengan sungguh-sungguh agar Teman-teman dapat hadir tepat waktu.


  • 3. + S 1 3         edit

    Tanggapan penggunaan bahasa dalam buku fiksi terdapat pada …
    1. + T     edit

      Novel ”Burlian” karya Tere Liye menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh para remaja.
    2. + F     edit

      Buku berjudul “Dari Sampah jadi Duit” berisi tips dan trik keterampilan yang bisa menghasilkan uang.
    3. + F     edit

      Dalam novel “Guru Aini” sang penulis, Andrea Hirata, mengajak kita menyelami kembali dunia pendidikan Indonesia.
    4. + F     edit

      Buku terbitan Disney tersebut sejalan dengan filmnya mengajak anak-anak untuk berfantasi ke dunia dongeng.


  • 4. + S 1 4         edit

    image:PAT B INDO 7/24_25_26.PNG
    Unsur surat dinas untuk mengisi bagian rumpang tersebut adalah …
    1. + T     edit

      paragraf penutup
    2. + F     edit

      kepala surat
    3. + F     edit

      paragraf pembuka
    4. + F     edit

      isi surat


  • 5. + S 1 5         edit

    image:PAT B INDO 7/34.PNG

    Bagian bab buku dalam daftar isi buku tersebut adalah …
    1. + T     edit

      Mengenal wanita dalam pewayangan
    2. + F     edit

      Fungsi Wanita dalam wayang Jawa
    3. + F     edit

      Ajaran tentang Cahaya dalam pewayangan
    4. + F     edit

      Supraba dan Arjuna dalam pewayangan Jawa


  • 6. + S 1 6         edit

    Perhatikan kutipan surat berikut ini!
    image:PAT B INDO 7/no_21.PNG

    Keperluan surat dinas tersebut adalah ….
    1. + T     edit

      Undangan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kepada Kepala Dinas Pariwisata
    2. + F     edit

      Permohonan bantuan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kepada Dinas Pariwisata
    3. + F     edit

      Keinginan kerja sama Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kepada Dinas Pariwisata
    4. + F     edit

      Permohonan undangan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kepada Dinas Pariwisata


  • 7. + S 1 7         edit

    Perhatikan kutipan teks fabel berikut ini!

    Kirana si Kura-kura yang tinggal di dekat hutan kali ini datang ke kota. Ia mendatangi balai kota untuk mengurus perijinan pemasangan pipa air baru di rumahnya. Kebetulan petugas pelayanan yang sedang berjaga Bu Kancil tetangga kura-kura. “Kura-kura, apa yang bisa kubantu?” kata Bu Kancil menyapa dengan riang.
    “Mmm begini Bu Kancil, kebetulan saya ingin memperbaiki dapur dan ingin menambah pipa air. Bisakah saya mengajukan izin?”
    Mata Bu Kancil berbinar sambil tersenyum lebar

    Bukti bahwa kutipan fabel tersebut termasuk fabel adaptasi adalah ….
    1. + T     edit

      tokoh binatang memperbaiki dapur
    2. + F     edit

      tokoh bisa bergerak
    3. + F     edit

      tokoh berupa kura-kura
    4. + F     edit

      tokoh merasa bersemangat


  • 8. + S 1 8         edit

    Perhatikan kutipan teks fabel berikut ini!

    Merpati terheran-heran dengan sikap Bangau pagi ini. Biasanya ia mau diajak terbang bersama ke sekolah, [...] kali ini Bangau memilih berjalan bersama dengan Kura-kura si murid baru.

    Konjungsi yang tepat untuk melengkapi fabel tersebut adalah ….
    1. + T     edit

      namun
    2. + F     edit

      lalu
    3. + F     edit

      sejak
    4. + F     edit

      tatkala


  • 9. + S 1 9         edit

    Perhatikan puisi rakyat berikut ini!

    Lihatlah di sana hewan kukang
    Hewan dengan gerakan lamban

    Jika kita ingin pintar
    Sedari dini harus belajar

    Saat engkau berjalan-jalan
    Nikmatilah pemandangan

    Lihatlah itu monyet bergincu
    Sebagai tanda hewan yang lucu


    Bait yang sesuai dengan ciri-ciri gurindam adalah …
    1. + T     edit

      2
    2. + F     edit

      1
    3. + F     edit

      3
    4. + F     edit

      4


  • 10. + S 1 10         edit

    Pertanyaan yang sesuai untuk pembaca buku nonfiksi adalah …
    1. + T     edit

      Apa bidang ilmu yang dibahas dalam buku?
    2. + F     edit

      Bagaimana pengarang mengembangkan latar cerita?
    3. + F     edit

      Bagaimana pengarang menggambarkan watak tokoh?
    4. + F     edit

      Apakah bahasanya memiliki keunikan untuk membangun cerita?


  • 11. + S 1 11         edit

    Unsur yang hanya terdapat dalam buku fiksi adalah …
    1. + T     edit

      Tokoh dan penokohan
    2. + F     edit

      Bagian cover buku
    3. + F     edit

      Rincian subbab buku
    4. + F     edit

      Bahasa yang digunakan


  • 12. + S 1 12         edit

    image:PAT B INDO 7/37.PNG

    Tanggapan dari peta konsep buku tersebut adalah …
    1. + T     edit

      Limbah ternyata punya potensi besar untuk menghasilkan uang
    2. + F     edit

      Penerapan buku ini nyatanya sangat sulit
    3. + F     edit

      Buku ini sangat membantu mengurangi limbah
    4. + F     edit

      Keberadaan limbah harus diolah agar mengurangi pencemaran lingkungan


  • 13. + S 1 13         edit

    image:PAT B INDO 7/35.PNG

    Komentar yang tepat terhadap isi buku tersebut adalah ….
    1. + T     edit

      Rintangan, tantangan, bahkan musuh terbesar memiliki potensi untuk membantu kita
    2. + F     edit

      Lawan terbesar justru diri kita sendiri melawan musuh kita
    3. + F     edit

      Jangan remehkan orang yang lemah karena akan bisa membalas dendam
    4. + F     edit

      Manfaatkan musuh kita untuk membuat kita berhasil seperti Judy Hopps


  • 14. + S 1 14         edit

    image:PAT B INDO 7/35.PNG

    Rangkuman alur buku tersebut adalah …
    1. + T     edit

      Judy si kelinci yang berita-cita menjadi polisi berhasil mewujudkannya dengan berbagai rintangan, tantangan, dan bantuan bahkan dari musuhnya.
    2. + F     edit

      Seekor kelinci sebagai hewan herbivora selalu kesulkitan mewujudkan cita- citanya seperti Judy.
    3. + F     edit

      Tantangan dan hambatan bisa dimanfaatkan oleh Nick si rubah licik dengan bantuan kelinci Judy.
    4. + F     edit

      Kelinci juga memiliki cita-cita luhur mengabdikan diri untuk negaranya dengan berbagai tantangan yang bisa membuatnya menyerah.


  • 15. + S 1 15         edit

    image:PAT B INDO 7/33.PNG

    Pokok isi buku tersebut adalah …
    1. + T     edit

      Buku tersebut memberikan gambaran tentang sejarah uang di Indonesia
    2. + F     edit

      Uang masa lalu dibandingkan dengan uang modern
    3. + F     edit

      Mata uang sangat beragam mulai dari logam hingga kertas
    4. + F     edit

      Uang memang memiliki histori yang rumit dan pelik sesuai perjalanan bangsa.


  • 16. + S 1 16         edit

    image:PAT B INDO 7/32.PNG
    Bagian subbab buku dalam daftar isi buku tersebut adalah …
    1. + T     edit

      Mengidentifikasi informasi laporan percobaan
    2. + F     edit

      Melaporkan hasil percobaan
    3. + F     edit

      Menyampaikan pidato persuasif
    4. + F     edit

      Menyusun cerita pendek


  • 17. + S 1 17         edit

    Data berikut yang menunjukkan identitas buku adalah …
    1. + T     edit

      judul buku, pengarang, tahun terbit, penerbit, kota terbit
    2. + F     edit

      penerbit, kota terbit, tahun terbit, tebal buku
    3. + F     edit

      pengarang, penerbit, alamat penerbit, ukuran buku
    4. + F     edit

      judul pengarang, identitas penerbit, tahun terbit, ukuran buku


  • 18. + S 1 18         edit

    Penulisan penutup surat dinas yang tepat adalah …
    1. + T     edit

      Demikian surat ini kami kirimkan, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.
    2. + F     edit

      Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan beribu terima kasih.
    3. + F     edit

      Demikian surat ini kami kirimkan, atas perhatiannya kami haturkan terima kasih.
    4. + F     edit

      Atas perhatian dan kerjasama Bapak, kami ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya.


  • 19. + S 1 19         edit

    Penulisan alamat tujuan surat dinas yang benar adalah …
    1. + T     edit

      Yth. CEO Amal Mulia Foundation
      Jalan Bantul 105, Sewon, Bantul
    2. + F     edit

      Yth. CEO Amal Mulia Foundation
      Jalan Bantul 105 Sewon Bantul
    3. + F     edit

      Kepada CEO Amal Mulia Foundation
      Jalan Bantul 105 Sewon Bantul
    4. + F     edit

      Yth. Bapak CEO Amal Mulia Foundation
      Jalan Bantul Nomer 105, Sewon, Bantul


  • 20. + S 1 20         edit

    Yesika ingin meminta izin menginap selama liburan kenaikan kelas di rumah sahabatnya Dewi. Ia ingin mengunjungi tempat-tempat wisata sejarah di Yogyakarta dan ingin membuat vlog di sana.

    Penulisan isi surat pribadi sesuai ilustrasi tersebut adalah …
    1. + T     edit

      Dewi, aku ingin berkeliling ke tempat wisata sejarah di Yogyakarta selama liburan kenaikan kelas. Aku akan membuat vlog memperkenalkan tempat wisata sejarah di Yogakarta. Selama itu bolehkah aku menginap di rumahmu?
    2. + F     edit

      Hai Dewi, apa kabar? Baik-baik saja bukan? Dewi bolehkah aku menginap selama liburan kenaikan kelas? Aku akan mengajakmu berkeliling Yogyakarta dan membuat vlog bersama. Kamu pasti suka.
    3. + F     edit

      Aku tahu Dewi teman terbaikku. Jadi pasti kau izinkan aku menginap di rumahmu selama liburan kenaikan kelas. Kita akan berkeliling Yogyakarta ke tempat-tempat wisata sejarah. Kamu pasti senang deh.
    4. + F     edit

      Dewi, tunggu aku pada liburan kenaikan kelas ya. Aku pasti menginap di rumahmu selama liburan, tenang aku bayar kok. Kamu pasti suka kan kuajak ngevlog kamu akan terkanl sepertiku. Kamu pasti akan meniru membuat vlog.


  • 21. + S 1 21         edit

    image:PAT B INDO 7/27.PNG

    Bukti kebahasaan yang menunjukkan kutipan tersbut surat pribadi yaitu ...
    1. + T     edit

      Penggunaan kata loh
    2. + F     edit

      Penggunaan kata seru
    3. + F     edit

      Penggunaan kata diskon
    4. + F     edit

      Penggunaan kata ganti -nya


  • 22. + S 1 22         edit

    image:PAT B INDO 7/24_25_26.PNG

    Unsur surat dinas yang mengalami kesalahan penulisan terdapat pada …
    1. + T     edit

      kop surat
    2. + F     edit

      perihal surat
    3. + F     edit

      alamat surat
    4. + F     edit

      isi surat


  • 23. + S 1 23         edit

    image:PAT B INDO 7/22_23.PNG

    Isi surat pribadi tersebut adalah …
    1. + T     edit

      Retno Lestari menceritakan kemeriahan perayaan Hari Buku di sekolahnya di Bantul. Ia ingin berbagi cerita dengan sahabatnya di Tomohon.
    2. + F     edit

      Retno Lestari berharap sekolah Anjani juga merayakan Hari Buku dengan berbagai kegiatan lomba yang diadakan dengan meriah..
    3. + F     edit

      Anjani diharapkan menceritakan kemeriahan perayaan Hari Buku di sekolahnya yang pasti tidak kalah meriah dengan sekolah Retno Lestari.
    4. + F     edit

      Perayaan Hari Buku di sekolah-sekolah di Bantul pasti selalu meriah dan tidak kalah dengan perayaan di daerah lain seperti yang diceritakan oleh Retno Lestari.


  • 24. + S 1 24         edit

    image:PAT B INDO 7/22_23.PNG

    Informasi yang terdapat dalam surat pribadi tersebut adalah …
    1. + T     edit

      Perayaan Hari Buku di sekolah Retno Lestari berlangsung meriah dengan banyaknya lomba.
    2. + F     edit

      Setiap momen penting seperti Hari Buku di sekolah Retno Lestari perlu dirayakan dengan meriah.
    3. + F     edit

      Keinginan mendapatkan cerita tentang perayaan Hari Buku di sekolah-sekolah Tomohon Kota Bunga.
    4. + F     edit

      Perayaan Hari Buku di Tomohon pasti sangat meriah karena banyaknya sekolah yang sudah maju.


  • 25. + S 1 25         edit

    Pengungkapan konflik batin terdapat pada kalimat….
    1. + T     edit

      Elang Jawa merasa bersalah telah bersembunyi di hutan selama 20 tahun.
    2. + F     edit

      Singa dihadang oleh sekawanan Hyeina.
    3. + F     edit

      Perdamaian antara kancil dan siput membuat mereka bersahabat.
    4. + F     edit

      Bangau akan selalu mendatangi sawah petani yang penuh cacing.


  • 26. + S 1 26         edit

    Perhatikan kutipan berikut ini!

    Wombat, Dinggo, dan Kanguru adalah polisi baru di negeri Bineka Satwa. Penugasan pertama mereka telah menanti. Dengan seragam lengkap, topi terpasang rapi, dan lencana di dada kiri, memantapkan langkah mereka untuk menjadi abdi negara menjaga keamanan negeri Bineka Satwa. Di perempatan mereka berpisah. Wombat menuju posnya menjaga keamanan Distrik Kelinci, Dinggo menuju Distrik Marmut, dan Kanguru menuju Distrik Biri-biri.

    Struktur teks fabel pada kutipan tersebut adalah …
    1. + T     edit

      orientasi
    2. + F     edit

      komplikasi
    3. + F     edit

      resolusi
    4. + F     edit

      koda


  • 27. + S 1 27         edit

    Penyajian latar waktu agar cerita menjadi lebih menarik adalah …
    1. + T     edit

      Di sebuah padang rumput yang mulai menguning, matahari membakar punggung para kuda.
    2. + F     edit

      Pagi yang cerah, seekor rusa melompat kegirangan.
    3. + F     edit

      Pada suatu hari Baruklinthing berjalan mengitari sebuah gunung.
    4. + F     edit

      Pada zaman dahulu, hiduplah seekor keong yang ternyata seorang putri raja.


  • 28. + S 1 28         edit

    Perhatikan kutipan teks fabel berikut ini!

    Kalkun sangat bosan dikejar-kejar oleh merpati. Merpati menanyakan bagaimana cara mendapatkan gelambir merah di dagu di bawah paruhnya. Karena kesalnya, akhirnya kalkun memberitahu merpati agar meletakkan bara api dari batang kayu kelor di bawah dagunya. Merpati menurutinya tanpa curiga bahwa ia telah dikerjai oleh si Kalkun. Akhirnya terbakarlah dagu merpati.

    Amanat dari kutipan fabel tersebut adalah …
    1. + T     edit

      Bersyukurlah terhadap apa yang dimiliki.
    2. + F     edit

      Rasa serakah mengalahkan persahabatan.
    3. + F     edit

      Pertemanan dapat pula menjadi permusuhan
    4. + F     edit

      Jangan mengkhianati karena alasan yang logis


  • 29. + S 1 29         edit

    Perhatikan kalimat langsung berikut ini!

    “Hindari kepanikan pada kawanan zebra!” kata Simba kepada anak buahnya.

    Perubahan menjadi kalimat tidak langsung yang tepat adalah …
    1. + T     edit

      Simba memerintah kepada anak buahnya untuk menghindari kepanikan pada kawanan zebra.
    2. + F     edit

      Simba bertanya kepada anak buahnya agar menghindari kepanikan pada kawanan zebra.
    3. + F     edit

      Simba berkata kepada anak buahnya agar menghindari kepanikan pada kawanan zebra.
    4. + F     edit

      Simba berkata kepada anak buahnya hindari kepanikan pada kawanan zebra.


  • 30. + S 1 30         edit

    Perhatikan kutipan teks fabel berikut ini !

    Lila si rusa berteriak kepada Kania si Zebra. “Ayo Kania bergegas, kita harus segera menuju sekolah.” “Sebentar lah Lil, PR ku belum selesai ini, ” jawab Kania. “Aduuh, kamu ke mana saja kemarin kok belum mengerjakan PR, jangan malas dong! Kata Lila menuding Kania. “Hoooh Lil, tolong dong kamu jangan berburuk sangka dulu. Biasanya kan aku juga tertib mengerjakan PR. Kemarin itu, aku membantu ibuku berjualan di pasar, ibuku sedang sakit Lil, itu tidur di kamar,” kata Lila sambil memandang kamar ibunya.

    Tema kutipan fabel tersebut adalah ….
    1. + T     edit

      jangan mudah berburuk sangka
    2. + F     edit

      saling membantu dalam belajar
    3. + F     edit

      janganlah malas dalam belajar
    4. + F     edit

      mari membantu orang tua


  • 31. + S 1 31         edit

    Perhatikan kutipan teks fabel berikut ini !

    Kirana si Kura-kura yang tinggal di dekat hutan kali ini datang ke kota. Ia mendatangi balai kota untuk mengurus perijinan pemasangan pipa air baru di rumahnya. Kebetulan petugas pelayanan yang sedang berjaga Bu Kancil tetangga kura-kura. “Kura-kura, apa yang bisa kubantu?” kata Bu Kancil menyapa dengan riang.
    “Mmm begini Bu Kancil, kebetulan saya ingin memperbaiki dapur dan ingin menambah pipa air. Bisakah saya mengajukan izin?”
    Mata Bu Kancil berbinar sambil tersenyum lebar

    Kutipan teks tersebut menunjukkan ciri fabel yang berupa ….
    1. + T     edit

      Tokoh adalah para binatang
    2. + F     edit

      Rangkaian peristiwa sebab-akibat
    3. + F     edit

      Tokoh bisa memakai baju manusia
    4. + F     edit

      Menggunakan latar tempat di balai kota


  • 32. + S 1 32         edit

    Perhatikan pantun berikut ini!

    Jika engkau cerdik cendekia
    Binatang apa ciri khas Sulawesi

    Balasan pantun yang tepat untuk melengkapi kutipan isi pantun tersebut adalah ….
    1. + T     edit

      Siapa kekurangan zat besi
      Badan pastilah lemas rasanya
      Hewan khas Pulau Sulawesi
      Itulah anoa namanya
    2. + F     edit

      Tidur di bawah selimut
      Sangat nyaman saat dingin cuaca
      Tersebutlah hewan pemakan semut
      Dialah anteater namanya
    3. + F     edit

      Bahan kolak pastinya ada santan
      Kolang kalingnya jangan dilupa
      Ada monyet khas Kalimantan
      Itulah bekantan namanya
    4. + F     edit

      Hati-hati bermain tali rami
      Untuk mengikat tanaman tomat
      Hewan kukang itu namanya
      Yang geraknya sangat lambat


  • 33. + S 1 33         edit

    Perhatikan syair berikut ini!

    Mari belajar membuat […]
    Roti ditata di atas papan
    Mari belajar tiada henti
    Tuk menyiapkan masa […]

    Kata yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ….
    1. + T     edit

      roti, depan
    2. + F     edit

      kudapan, lalu
    3. + F     edit

      kue, mendatang
    4. + F     edit

      jajanan, kan datang


  • 34. + S 1 34         edit

    Perhatikan gurindam berikut ini!

    Jika kamu ingin berilmu
    Jangan jemu belajar sepanjang […]

    Baris gurindam tersebut dapat dilengkapi dengan ….
    1. + T     edit

      waktu
    2. + F     edit

      jalan
    3. + F     edit

      hayat
    4. + F     edit

      masa


  • 35. + S 1 35         edit

    Perhatikan pantun berikut ini!

    Menanam bunga alih-alih perdu
    Agar indah kita punya taman
    Literasi dikuatkan sungguh perlu
    […] kita ingin luas wawasan

    Konjungsi yang tepat untuk mengisi bagian rumpang pantun tersebut adalah ….
    1. + T     edit

      jika
    2. + F     edit

      karena
    3. + F     edit

      walaupun
    4. + F     edit

      sedangkan


  • 36. + S 1 36         edit

    Pantun jenaka terdapat pada ….
    1. + T     edit

      Liburan ke pantai Goa Cemara
      Di sana kita duduk bersantai
      Siapa pula takkan tertawa
      Melihat monyet memakai gawai
    2. + F     edit

      Nenek berjalan bersama cucu
      Ngabuburit menunggu berbuka
      Jika engkau suka melucu
      Berlatihlah menjadi komika
    3. + F     edit

      Menuang sirup dalam gelas kaca
      Lebih segar ditambahkan es
      Mari biasakan suka membaca
      Sebagai jalan menuju sukses
    4. + F     edit

      Sore-sore makan kebab
      Lebih nikmat ditambah sambal
      Siapa tahu silakan jawab
      Seperti apa alat musik simbal


  • 37. + S 1 37         edit

    Syair yang berisi ajakan untuk berjiwa nasionalis adalah ….
    1. + T     edit

      Wahai para pemuda pemudi
      Dengan semangat tiada terperi
      Mari kita cintai negeri
      Dengan wujudkan toleransi
    2. + F     edit

      Wahai para kaum muda
      Semangat capailah cita-cita
      Tuk menuju masa depan jaya
      Dengan karier yang menjulang nyata
    3. + F     edit

      Tersebutlah suatu negara
      Yang bernama Indonesia
      Di sana banyak suku bangsa
      Dengan beragam bahasa
    4. + F     edit

      Barang siapa suka menolong
      Hidupnya nyaman tanpa bohong
      Saat kebaikan menjadikan sombong
      Engkau bagaikan serigala melolong


  • 38. + S 1 38         edit

    Perhatikan pantun berikut ini!

    Lebaran makan kue ketan
    Diberi santan lalu nikmati
    Sebaiknya kita peduli kesehatan
    Demi hadapi masa pandemi

    Pantun tersebut mengandung kalimat saran karena adanya ….
    1. + T     edit

      kata “sebaiknya” pada baris ketiga
    2. + F     edit

      kata “makan” pada baris pertama
    3. + F     edit

      kata kerja “diberi” pada baris kedua
    4. + F     edit

      kata “demi” pada baris keempat


  • 39. + S 1 39         edit

    Pantun yang menggunakan kalimat majemuk hubungan syarat adalah ….
    1. + T     edit

      Jalan-jalan bertemu kucing dekil
      Kubawa pulang dan kumandikan
      Jika kelak ingin berhasil
      Perbanyak belajar dan berkawan
    2. + F     edit

      Lebaran makan opor ketupat
      Jangan lupa ditambah sayurannya
      Agar lingkungan sekolah sehat
      Mari kita jaga kebersihannya
    3. + F     edit

      Siang-siang makan acar
      Manis asam segar rasanya
      Mari kawan kita rajin belajar
      Karena kita generasi bangsa
    4. + F     edit

      Kelapa muda telah terbelah
      Segera nikmati bersama gorengan
      Walaupun banyak tugas sekolah
      Tetaplah semangat demi masa depan


  • 40. + S 1 40         edit

    Perhatikan puisi rakyat berikut ini!

    Kota bunga kota Tomohon
    Bunga dirangkai bersama kenari
    Mari mulai menanam pohon
    Agar bumi kita makin lestari

    Dilihat dari ciri-cirinya, puisi rakyat tersebut adalah ….
    1. + T     edit

      pantun
    2. + F     edit

      syair
    3. + F     edit

      seloka
    4. + F     edit

      gurindam

Posting Komentar

0 Komentar